Dear Diary (18)

Hai...
Aku sering kali nulis hal sedih ya?
Kali ini aku bakalan nulis hal yang sedang mendebarkan.
Ya, debut buku pertama.
Naskah sudah selesai di tulis. Walau sebenarnya kalau diminta baca lagi dan editing aku rasanya sudah agak malas. Malasnya karena khawatir bakalan mengubah sana-sini dan gak pede sama tulisan sendiri.

"Aku masih belum sempat edit, bagian sinopsisnya perlu editing tuh."
Kata pihak penerbit.

"Ya bang, baru mau editing lagi."
Jawabku melalui chat.

Saat itu aku bertekad memulai untuk self editing, tapi apa daya, haha, aku baru ingat kalau harus ngerjain tugas yang lain. Jadilah baru sampai pada kata pengantar saja.

***

Naskah sudah selesai dan mencari penerbit yang cocok cukup memakan waktu.

Sebenarnya ada satu penerbit yang pernah menjadi penerbit untuk buku antologi guru sekolah alam.
Namun, aku pernah punya hal yang masih jadi janjinya. Sehingga aku menjadikan itu opsi terakhir.

Dan, menghubungi penerbit yang aku cari di instagram. Jogja.

Lalu, mencari lagi dapatnya juga sekitar Jogja.

Wah, susahnya. Komunikasi akan susah karena gak kenal juga.

Akhirnya pada opsi terakhir.

***

Sekarang sudah tahap mengirim ISBN. Semoga lancar dan tidak ada halangan.

Aamiin.

Doa in ya...segera debut :)

*13 Muharram 1445 H
31 Juli 2023

Komentar

Postingan Populer